Mentari pagi menyinari lapangan upacara Ubaya yang tampak dipenuhi oleh warga Ubaya, khususnya para mahasiswa baru (maharu) Ubaya berpakaian kemeja putih dan celana hitam. Bukanlah tanpa tujuan mereka berkumpul di tempat tersebut, mereka bersiap-siap untuk menyelenggarakan upacara untuk memperingati hari Sumpah Pemudake-85, sekaligus penyerahan beasiswa secara simbolik kepada para mahasiswa Ubaya pada semester gasal 2013/2014.

Diawali dengan pengibaran sang merah-putih dengan iringan lagu Indonesia Raya.Dilanjutkan pembacaan pembukaan Undang Undang Dasar serta putusan kongres Pemuda 1928 dengan lantang.“Semangat untuk terus mempertahankan kesatuan bangsa Indonesia di mata dunia haruslah melekat di jiwa para pemuda, karena pemuda Indonesia-lah yang membawa nama baik bangsa Indonesia. Jayalah Pemuda Indonesia!” tutur Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD selaku rektorUbaya.

Upacara inipun diakhiri dengan pembacaan penerima beasiswa yang berjumlah2055 mahasiswa Ubaya yang terdiri dari berbagai macam beasiswa, antara lainbeasiswa prestasi akademik SMA, lomba akademik, lomba akademik Ubaya, beasiswa sosial ekonomi Ubaya, olahraga dan seni, serta beasiswa keluarga besar Ubaya. Penyerahan beasiswa secara simbolispun diwakilkan kepada tiap-tiap penerima beasiswa dari tiap fakultas.(re3/wu)