Kedua kalinya Lembaga Peneleitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Surabaya (LPPM) mengadakan Expo Kemitraan. Namun Expo Kemitraan 2013 ini berbeda dengan tahun lalu. “Tahun ini kami (LPPM) mengajak pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) sekaligus mahasiswa untuk mengikuti acara expo ini,” ungkap Sis Soesetijo MT selaku ketua panitia. Expo ini dihadiri oleh sejumlah pengusaha UMKM dari lima kabupaten yang mengisi 76 stand dan mahasiswa Ubaya pun mengisi 13 stand dengan produk inovatif mereka masing-masing.

Melalui acara ini, LPPM Ubaya ingin mengajak masyarakat luas sekaligus mahasiswa untuk berwirausaha. Acara ini didasari fenomena terkini yaitu persentase perkembangan UMKM yang lebih besar dibandingkan industri modern. Sambutan seirama pun dilontarkan oleh Prof Joniarto Parung MMBAT PhD selaku Rektor Ubaya, “Semoga dengan expo ini, semangat kewirausahaan dan inovasi semakin berkembang lagi.”

Sis menambahkan, “Kami mengadakan Festival Kerajinan Tangan Anak TK dan SD di hari pertama. Melalui festival ini, secara tidak langsung kami juga mengajak orang tua mereka sehingga semakin meramaikan expo ini.” Walaupun hari pertama sempat diguyur hujan, salah satu acara bernama Gelar Seni dan Kreasi Anak Usia Dini tetap meramaikan panggung Expo Kemitraan.

Tak hanya itu saja, penampilan dari berbagai indie band seperti Les Turtle Pilots dan The Wise juga turut meramaikan Expo Kemitraan 2013. Acara sosial juga tidak ketinggalan di Expo Kemitraan 2013, berupa Medical Check Up gratis terbuka untuk umum yang diadakan di Lantai I Perpustakaan Ubaya. Medical Check Up tersebut menyediakan fasilitas berupa pemeriksaan gula darah, osteoporosis, dan tensi darah.

Itulah sekilas gambaran tentang hari pertama Expo Kemitraan 2013. Acara ini masih akan berlangsung hingga 13 April 2013. Tertarik? Segera hadirilah Expo Kemitraan 2013 dan rasakan kemeriahan acaranya! (nif/wu)