Salah satu kegiatan mahasiswa Konsentrasi Manajemen Jejaring Bisnis adalah melakukan Factory Visit. Perusahaan yang bersedia dikunjungi semester gasal 2012-2013 adalah PT Sekawan Cosmetic dan PT Sinar Sosro. Sebanyak 60 Mahasiswa didampingi 2 dosen yaitu Fitri Novika Widjaja, S.Si., M.MT dan Prita Ayu Kusumawardani, S.E., M.M. berangkat dari Universitas Surabaya pada hari Selasa, 20 November 2012.

Tujuan pertama adalah PT Sekawan Cosmetic, Jl. Lingkar Timur no 183 Bluru Kidul Sidoarjo. Mahasiswa banyak belajar tentang proses produksi berbagai produk kosmetik yang dihasilkan PT Sekawan Cosmetik seperti body lotion, sabun kesehatan, dan parfum. Pada saat diskusi mahasiswa memperoleh penjelasan tentang bagaimana mendapatkan bahan baku, teknologi pengolahan yang digunakan dan distribusi produk. Perusahaan berikutnya yang dikunjungi adalah PT Sinar Sosro yang beralamat di Mojosari Kota Mojokerto. Ruangan pertama yang dapat dilihat mahasiswa adalah Ruang Pamer PT Sinar Sosro yang berisi berbagai produk yang dihasilkan PT Sinar Sosro dan narasi tentang sejarah berdirinya perusahaan. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk minum The Botol Sosro, Fruit Tea atau Tebs yang merupakan produk unggulan. Setelah melihat video company profile PT Sinar Sosro, mahasiswa didampingi staf diajak berkeliling melihat lantai produksi, gudang bahan baku dan tempat water treatment PT Sinar Sosro. Setelah itu ada sesi diskusi dimana mahasiswa semakin mendapat gambaran tentang PT Sinar Sosro yang memiliki beberapa pabrik di Indonesia.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan factory visit di Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika kali ini, mahasiswa mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang manajemen operasional suatu perusahaan dan mahasiswa berharap masih mendapat kesempatan lagi untuk belajar di perusahaan lain di semester yang akan datang.