Sebagai bagian dari komitmen Universitas Surabaya untuk menyediakan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mendukung proses belajar-mengajar dan administrasi, Direktorat SIM telah memberikan sebuah layanan akses gratis Google Apps Education Edition™. Mahasiswa maupun karyawan aktif akan dapat terhubung satu sama lain dan dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan, antara lain: e-mail (Gmail), chat (Google Talk), dan kalendar (Google Calendar), could collaboration tools (Google Docs, Google Sites, & Google Groups) dan multimedia tools (Google Video for Education).

Untuk menunjang pemanfaatan pemakaian Gooaya tersebut, Direktorat SIM telah menyelenggarakan Workshop yang diikuti oleh karyawan-karyawati Ubaya pada tanggal 14 Desember 2012 yang lalu.

Acara dibuka oleh Direktur SIM Bapak Stephanus Eko Wahyudi sekaligus sebagai pembicara dalam workshop tersebut. Pembicara lainnya yaitu dari Staf SIM antara lain Kristoforus Hidayat Abadi, Ramadhika, dan Wishnu Harbowo Sakti.

"Google Apps akan memudahkan komunikasi antara karyawan baik akademik maupun non akademik dengan para mahasiswa", kata Stephanus Eko Wahyudi. "Layanan yang disebut Gooaya (Google-Ubaya) ini, diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya akan email dengan kapasitas besar dan solusi untuk kolaborasi seperti penggunaan sistem chat, kalendar, dokumen online, dan berbagai fitur lainnya."

Mahasiswa akan dapat mendapatkan alamat email sNRP@student.ubaya.ac.id, sedangkan staff akan mendapatkan alamat @staff.ubaya.ac.id. Bagi para mahasiswa, password yang dapat digunakan untuk mengakses sistem tersebut adalah password yang sama dengan password Wifi Zone UBAYA. Sedangkan untuk para karyawan dapat mengakses sistem dengan menggunakan account email Ubaya yang saat ini digunakan, dengan menggunakan password yang sesuai dengan email account tersebut.

Dipenghujung acara workshop, Direktur SIM memberikan pertanyaan kepada peserta, yang menjawab diberikan merchandise yang disediakan Google. Acara tersebut juga dihadiri oleh Benny Suryajaya mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya selaku Google Ambassador. Dan Peserta berharap acara workshop tentang Gooaya ini akan diadakan kembali oleh SIM. (fer)

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/1064/SIM-Sukses-Menyelenggarakan-Workshop-Pemanfaatan-Gooaya--Google-Ubaya-Integrated-APPS-.html