oleh: Stephanus Eko Wahyudi, S.T. (Ubaya), MMM (Monash-Melbourne), dosen Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya

Perkembangan dunia Information and Communication Technology  (ICT) atau dikenal di Indonesia dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) tak pelak lagi membuat kesempatan berkarir dan mengembangkan potensi diri pada bidang ini begitu luasnya. Bisa dikata pada saat ini tidak seorangpun di dunia yang menguasai secara keseluruhan semua teknologi yang ada, dengan ketersediaan beragam perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Penggunaan perangkat keras dan lunak di tingkat pemerintahan, enterprise/corporate, maupun individu begitu bervariasinya. Baik dari sisi vendor, spesifikasi, operating system, maupun dari fitur yang ditawarkan. Berkembangnya teknologi mobile computing dengan berbagai perangkatnya juga nampak mendonimasi pasar ICT pada beberapa tahun terakhir. Persaingan antara vendor besar perangkat mobile mendorong perang mobile OS yang sekarang didominasi Apple IOS dan Android.

Bahasa Pemrograman apa yang seyogyanya dipelajari saat ini? Apakah bahasa pemrograman tersebut akan dibutuhkan di dunia kerja pada masa mendatang? Mungkin itu adalah serangkaian pertanyaan yang mungkin muncul di kepala pada saat akan memutuskan untuk mempelajari komputer, bahkan apabila akan masuk ke salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi. Tulisan ini akan mencoba untuk mengupas mengenai beberapa bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer dan potensinya di masa depan.

Menurut Tiobe, salah satu lembaga riset yang telah beberapa tahun berupaya membuat peringkat bahasa pemrograman populer dunia yang diwujudkan dalam bentuk TIOBE Programming Community Index edisi March 2013, Java dan C masih menjadi bahasa pemrograman yang paling populer pada posisi 1 dan posisi 2. Berdasarkan lembaga riset yang sama, Objective-C melonjak beberapa peringkat ke posisi 3. Selaras dengan itu, Sourceforge sebagai salah satu situs online populer yang menjadi sumber berbagai software open source juga merilis The Language Popularity Index yang pada edisi April 2013 juga menempatkan ketiga bahasa pemrograman pada posisi 1-3. Daftar lain yang dikeluarkan PYPL dalam daftar PYPL PopularitY of Programming Language index masih menempatkan Java pada peringkat 1, sedangkan PHP pada yang pada pemeringkatan lain menampati posisi ke 4-10, pada peringkat ini menempati peringkat ke-2.

TIOBE Programming Community Index edisi March 2013

TIOBE Programming Community Index edisi March 2013

SourceForge The Language Popularity Index April 2013

SourceForge The Language Popularity Index April 2013

PYPL PopularitY of Programming Language index

PYPL PopularitY of Programming Language index

Berdasarkan lowongan pekerjaan, situs Statistic Brain mengumpulkan data dari berbagai situs iklan populer di dunia, dan menampilkan daftar programmer yang paling banyak dicari. Tidak mengherankan penempatan PHP dan SQL pada urutan pertama, sesuai dengan kebutuhan untuk pengembangan situs web yang sedemikian besarnya.

Statistic Brain

 

Dari berbagai data yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Aplikasi yang dikembangkan dengan Java yang bersifat cross platform – bisa dijalankan di berbagai OS – nampaknya masih menjadi solusi terhadap kemunculan berbagai OS di dunia, baik mobile maupun PC. Pemanfaatan Java untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android juga menjadi salah satu yang memantapkan Java di posisi 1.

Bahasa lain yang tidak kalah populernya adalah C, yang bisa dikatakan sebagai salah satu bahasa pemrograman induk dari berbagai bahasa pemrograman lain. Sebagai bahasa pemrograman induk, sebagian besar bahasa pemrograman lain memiliki syntax yang serupa dengan bahasa ini. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan, belajar bahasa pemrograman C merupakan kunci untuk mempelajari bahasa lain.

Perkembangan pemanfaatan iDevice yang dikeluarkan Apple dengan berbagai devicenya seperti iPod, iPhone, iPad, Mac, dan berbagai produk lainnya menjadi salah satu faktor pendorong kepopuleran Objective-C. Model distribusi apps- sebutan program untuk mobile device yang dipopulerkan Apple – melalui AppStore nampaknya menggiurkan banyak orang untuk meraih keuntungan dari penjualan Apps.

Bahasa pemrograman lain yang terlihat tidak terlalu mendominasi pada daftar peringkat bahasa pemrograman populer namun ternyata banyak dibutuhkan di dunia kerja adalah Bahasa PHP. Bahasa ini nampaknya merupakan bahasa wajib yang juga harus dipelajari, seiring dengan perkembangan dunia maya. Hampir seluruh web hosting di dunia support PHP dan MySQL, paduan serasi yang memungkinkan sebuah situs web untuk tampil dinamis.

 

Kesimpulan

Dari tulisan ini terlihat beberapa bahasa pemrograman yang paling populer yang harus dipelajari, yaitu: Java, C, Objective C, dan tentunya PHP. Tentunya bekal penguasaan bahasa pemrograman tersebut akan sangat dibutuhkan di dunia kerja masa kini sampai beberapa tahun ke depan. 

Namun demikian, bukan berarti bahasa pemrograman lain tidak patut untuk dipelajari. Justru sebagaian orang berpendapat, dengan mempelajari bahasa pemrograman lain yang kurang populer, maka orang tersebut akan menjadi expertise yang langka, yang sangat diputuhkan pula di dunia industri yang spesifik. Jadi sebaiknya tidak menutup diri pula terhadap bahasa pemrograman lain.

Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya sendiri selalu melakukan pengembangan kurikulumnya sesuai dengan perkembangan jaman. Apabila ingin mempelajari berbagai teknologi maupun bahasa pemrograman tersebut, mungkin jurusan ini merupakan salah satu tempat yang tepat.

 

Referensi:

http://www.tiobe.com/index.php/content/paperinfo/tpci/

http://lang-index.sourceforge.net/

https://sites.google.com/site/pydatalog/pypl/PyPL-PopularitY-of-Programming-Language

http://www.statisticbrain.com/computer-programming-language-statistics/