Salah satu bentuk perayaan Natal 2017 yang diadakan Statistic Assistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya adalah Psycho Christmas Jump Street yang telah diadakan pada tanggal 9 Desember 2017. Psycho Christmas Jump Street merupakan kegiatan tahunan SAC Fakultas Psikologi yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan alumni. Tema Psycho Christmas Jump Street tahun 2017 adalah Tradisi Humanistik Lintas Generasi. Tema ini diambil berdasarkan beberapa hal, pertama meskipun dalam rangka perayaan Natal 2017 namun kegiatan ini ditujukan kepada pekerja jalanan di kota Surabaya tidak melihat latar belakang agama. Kedua bentuk bantuan yang diberikan adalah nasi bungkus yang diberikan dini hari saat mereka bekerja sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia. Ketiga pelaksana program ini juga bervariasi latar belakangnya yaitu beragama Islam, Katolik, Kristen, dan Buddha. Keempat yang terlibat dalam kegiatan ini mahasiswa aktif mulai dari angkatan 2015 dan 2016 serta alumni yang menunjukkan program ini diwariskan menjadi tradisi sejak angkatan 2009.

Program ini memiliki dua tujuan utama, membantu pekerja jalanan yang membutuhkan dan kedua adalah memupuk harmoni sosial terutama bagi mahasiswa yang terlibat. Para mahasiswa yang terlibat perlu diapresiasi karena untuk menyiapkan kegiatan tersebut dimulai sejak malam hari, bahkan beberapa tidak tidur karena kegiatan dimulai pukul 03.00 dini hari hingga pukul 06.00. Selain itu juga kesediaan dan keberanian mereka untuk turun ke jalanan di waktu tersebut yang suasananya masih sangat sepi. Proses pelaksanaannya tim dibagi menjadi dua kelompok yag terdiri atas 4 dan 5 orang. Kemudian dibagi menjadi dua rute, rute pertama kea rah tengah kota Surabaya, rute kedua ke arah pinggiran kota Surabaya. Harapannya paket nasi bungkus dapat terbagi secara merata. Program ini tidak akan berjalan tanpa donasi dari para donatur yang berasal dari dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, sumbangan alumni, dan donatur tahunan kegiatan social activity for community SAC Fakultas Psikologi Ubaya.

Bagi mahasiswa angkatan 2016 keterlibatan mereka di Psycho Christmas Jump Street merupakan yang pertama kalinya. Diharapkan mereka dapat menjadi motor penggerak kegiatan serupa berbasis psikologi sehingga Psycho Christmas Jump Street dapat terus berlangsung lintas generasi. Meski hanya membagi paket nasi bungkus, dibutuhkan kepedulian dan kepekaan terhadap mereka yang akan menerimanya. Tidak semua pekerja jalanan akan menerima begitu saja pemberian tersebut sehingga memerlukan kemampuan komunikasi yang informatif dan persuasif. Termasuk juga terdapat orang-orang yang mungkin menerima dengan tidak menyenangkan. Namun masih lebih banyak mereka yang menerima dengan antusias dan senang. Belajar keikhlasan dan kepuasan ketika mereka yang membutuhkan merasa terbantu.