Oleh : Fadjar Efendy Rasjid, S.Kom.

Pendahuluan

SMS atau Short Messaging Services merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan sekarang ini dikarenakan murah dan prosesnya cepat, langsung kepada tujuan. Keberadaan jasa dan industri yang menggunakan SMS khususnya semakin lama semakin banyak dijumpai. Hal itu juga didukung oleh faktor hardware yang semakin hari semakin terjangkau.


Adapun jasa atau servis yang menggunakan SMS antara lain adalah perbankan, seperti SMS banking. Kita hanya tinggal mengirim SMS untuk mengetahui saldo dari tabungan kita. Contact Center yang memanfaatkan servis level kepada pelanggannya. Pada industri, seperti pemanfaatan SMS pada aplikasi GPS, yang dapat memantau posisi langsung ke handphone si pengguna, perusahaan penjualan pulsa elektronik juga menggunakan SMS untuk transaksi penjualannya, Serta masih banyak lagi jasa dan industri yang menggunakan media lewat SMS ini.

Pengertian SMS Gateway

Istilah gateway, bila dilihat pada kamus Inggris-Indonesia diartikan sebagai pintu gerbang. Namun pada dunia komputer, gateway dapat berarti juga sebagai jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem tersebut. Dengan demikian, SMS gateway dapat diartikan sebagai suatu penghubung untuk lalu lintas data-data SMS, baik yang dikirimkan maupun yang diterima.

Sebuah gateway SMS adalah cara mengirim pesan teks dengan atau tanpa menggunakan telepon (sel) mobile. Secara khusus, ini adalah perangkat atau layanan yang menawarkan transit SMS oleh salah satu pesan transformasi. Penggunaan khas gateway adalah untuk meneruskan email sederhana ke ponsel penerima. Hal ini juga dapat berguna dalam mengembangkan aplikasi web yang dapat berinteraksi dengan melalui SMS (Short Messaging Service).

SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran Informasi dengan menggunakan SMS. Anda dapat menyebarkan pesan ke ratusan nomor secara otomatis dan cepat yang langsung terhubung dengan database nomor-nomor ponsel saja tanpa harus mengetik ratusan nomor dan pesan di ponsel anda karena semua nomor akan diambil secara otomatis dari database tersebut. Selain itu , dengan adanya SMS Gateway anda dapat mengustomisasi pesan-pesan yang ingin dikirim. Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim pesan dapat lebih fleksibel dalam mengirim berita karena biasanya pesan yang ingin dikirim berbeda-beda untuk masing-masing penerimanya.

 

Kebutuhan Hardware

Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bisa dibuat dengan 1. PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer, 2. sebuah ponsel dengan 3. kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC).

 

Kebutuhan Software

Penulis dalam kesehariannya dalam memanfaatkan SMS Gateway ini menggunakan  Linux Ubuntu sebagai Operating System, dimana linux merupakan system operasi terbuka yang popularitasnya semakin hari semakin menanjak untuk berbagai keperluan komputerisasi baik itu pengolahan database, internetworking atau keperluan lainnya system Linux diakui sangat handal. MySQL sebagai Database Server dan GNOKII sebagai SMS Gateway. Kalau untuk membuat sistem aplikasi bisa ditambahkan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

 

Program Gnokii

Gnokii merupakan software bebas untuk keperluan pembuatan SMS Gateway. Proyek Gnokii ditujukan untuk mengembangkan tool dan driver untuk mobile device Nokia bagi sistem operasi Linux, FreeBSD, dan Unix. Hasil riset yang dihasilkan akan mempunyai lisensi GPL (General Public License). Proyek Gnokii dimulai dari pengembangan software Nokia Data Suite (NDS) yang dapat dijalankan di bawah sistem operasi Linux. NDS sendiri merupakan software untuk mensikronisasi antara ponsel Nokia seri 51xx dan 61xx dengan komputer bersistem operasi Windows. Proyek ini dimulai pada akhir Oktober 1998 . gnokii menyediakan tool dan driver bagi user yang digunakan untuk handphone dibawah Linux, dan Win32.

Tujuan utama gnokii adalah untuk mendukung handphone Nokia, namun akhir-akhir ini gnokii juga mendukung semua command AT handphone yang kompatibel melalui driver agen. Sedangkan untuk versi 0.6.1 mendukung handphone yang berbasis Symbian.

gnokii mendukung Nokia mulai dari 3110/3180, 5110/6110, 7110/6210 dan seri 6510/6310, gnokii juga mendukung semua command AT handphone yang kompatibel. Pada permulaan proyek ini berjalan ada indikasi bahwa pihak Nokia akan menyediakan beberapa dukungannya. Namun dengan sangat menyesal, negosiasi ini tidak dapat dilanjutkan karena masalah rilis binary versus open source dan pada akhirnya proyek ini berjalan tanpa dukungan resmi maupun tidak resmi.

Proyek serupa ini dimulai oleh Staffan Ulfberg untuk menyediakan perangkat lunak untuk Nokia 6110 dan model telepon yang sama. Pengembangan perangkat lunak sebenarnya belum dimulai pada saat penggabungan proyek. Proyek ini berorientasi pada platform yang paling tidak didukung oleh Nokia Cellular Data Suite.

Patut disebutkan bahwa ponsel ini cukup populer tetapi tidak memberikan AT lapisan untuk membuat panggilan data (dapat terhubung ke Internet). Lapisan ini diberikan oleh NDCS (antara ada hal-hal lain dalam software ini).

Menjelang akhir Februari 1999, dua proyek gabungan untuk membentuk proyek gnokii saat ini. Alasan untuk ini adalah untuk menghindari duplikasi usaha coding, dan hanya memiliki satu milis untuk berbagi informasi tentang ponsel.

Hal-hal yang berkembang dengan baik sampai bagian akhir tahun 2000 di mana komitmen dari  pencipta utama, Pavel Janik dan Blemings Hugh agak stagnan. Untungnya beberapa kontributor jangka panjang untuk proyek melangkah membantu untuk membangun sekali lagi agar dapat dilanjutkan.

 

Instalasi Program Gnokii

Salah satu keistimewaan distro Ubuntu Linux adalah mempunyai fasilitas Synaptic Package Manager. Untuk menginstall Gnokii pilih System pada sistem operasi ubuntu, lalu pilih Administration, kemudian klik Synaptic Package Manager, lalu masukkan password anda.

Synaptic adalah aplikasi manajemen paket tingkat lanjut yang dapat menginstal dan menghapus setiap paket yang tersedia untuk sistem. Memakai antarmuka berbasis grafik seperti application>Add/Remove Applications
Untuk meluncurkan Synaptic, dari menu System pilih Administration->Synaptic Package Manager. Kita memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan Synaptic.

Untuk yang kedua adalah menginstal paket gnokii, klik kotak disebalahnya dan pilih Mark for installation. Jika berubah pikiran, pilih Unmark. Untuk menghapus paket yang sudah diinstal, pilih Mark for Removal. Jika telah selesai, klik Apply dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak ingin membuat perubahan apapun, cukup tutup jendela saja.

Jika kita sudah nyaman menggunakan Terminal, kita dapat menggunakan apt (Advanced Packaging Tool) untuk menginstal dan menghapus perangkat lunak. Kita memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan apt.

Instruksinya adalah sebagai berikut :

Untuk menginstal paket:

# sudo apt-get install gnokii

Untuk menghapus paket:

# sudo apt-get remove gnokii

 

SMSD (SMS Daemon):

Program lain yang harus disertakan adalah gnokii-smsd, gnokii-smsd-mysql, libgnokii2, dan libgnokii2-dev. SMSD (SMS daemon) adalah modul program untuk menerima dan mengirim SMS yang bekerja dengan menggunakan SQL server untuk penampungan semua inbox dan outbox yang ada di seluler anda. Sampai dengan versi ini baru mensupport dengan 2 modul database yaitu MySQL & PostgreSQL.

Setelah proses instalasi selesai selanjutnya adalah merubah atau melakukan editing file gnokiirc pada direktori /etc/gnokiirc.
Cara merubah file gnokiirc sebagai berikut :
1. Buka file gnokiirc pada direktori /etc/gnokiirc
2. Hilangkan tanda remark (#) pada bagian # port = /dev/ttyUSB0
3. Ganti model hand phone dengan: model = 6510
    artinya kita menggunakan hand phone nokia dengan driver nk6510.
4. Pastikan connection dengan dau9p: connection = dlr3p
    Selanjutnya yang lain tidak usah dirubah.
    Selanjutnya memeriksa apakah handphone sudah terkoneksi dengan baik dengan aplikasi, caranya :
fadjar@fadjar:~$ gnokii –identify
test program secara manual
fadjar@fadjar:~$ echo “test untuk kirim secara manual” | gnokii –sendsms 08155031074 –r

 

Kesimpulan
Membuat SMS Gateway menggunakan program gnokii,  mudah dan murah karena program sangat fleksibel digunakan (bisa untuk aplikasi apapun) dan program gnokii termasuk program bebas. Gnokii dapat diintegrasikan dengan database MySQL setelah kita menginstall SMS Daemon, apabila kita ingin membuat sebuah sistem dengan program PHP jadi sangat mudah dan pengimplementasian program Gnokii jadi lebih optimal.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/SMS_Gateway
http://www.gnokii.org