SEGERA

PENGUMUMAN: KESEMPATAN KERJASAMA PENGELOLAAN KANTIN DI KAMPUS TENGGILIS LANTAI 1

Bersama ini diumumkan bahwa Universitas Surabaya membuka kesempatan kerjasama kepada masyarakat umum untuk mengelola kantin mahasiswa (sebagai tenant) di Kantin Kampus Tenggilis lantai 1.

 

SYARAT & KETENTUAN UMUM:

  1. Kantin didisain menjadi kantin ecogreen yang ramah lingkungan dan mengedukasi warga Ubaya sehingga konsumen yang datang diharapkan membuang sampah sendiri dan mengembalikan peralatan makan di rak peralatan kotor yang sudah disediakan.

  2. Dilarang mengalihkan pengelolaannya kepada pihak lain tanpa persetujuan manajemen.

  3. Dilarang mengganti/menambah menu makanan/minuman yang berbeda dari kesepakatan diawal tanpa persetujuan manajemen.

  4. Tidak diperkenankan mengubah atau memodifikasi peralatan/bangunan permanen, mengubah struktur/bentuk/fungsi stan kantin milik Universitas Surabaya tanpa ijin.

  5. Tidak diperbolehkan menjual AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dan berbagai minuman botol lainnya dalam berbagai ukuran, varian dan rasa. Untuk kebutuhan AMDK ukuran Galon harus membeli di stan minuman milik Universitas Surabaya, dan tidak diperbolehkan membawa atau membeli dari luar.

  6. Dilarang memasang alat promosi diluar area batas yang ditentukan (seperti banner diluar stan), dan menata mebeler atau alat peraganya dengan tinggi maksimal 1,5 meter.

  7. Dilarang menggunakan pengeras suara atau memainkan alat musik dalam mempromosikan dan/atau menjual dagangannya.

  8. Dilarang melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam hal pemasangan iklan atau bentuk-bentuk promosi lainnya tanpa persetujuan manajemen.

  9. Tidak diperbolehkan melakukan perubahan apapun pada fisik bangunan, menulis, mengecat, memasang tanda, iklan, nama, atau pengumuman pada bagian bangunan kantin, tanpa persetujuan manajemen.

  10. Tidak diperbolehkan memasang peralatan komunikasi tanpa ijin tertulis dari Manajemen seperti pemasangan antena radio komunikasi dan pemasangan ekstention telepon dari luar kantin.

  11. Pengelola harus menata mebeler/peralatan/barang-barang dagangannya didalam area batas yang ditentukan. Pelanggaran atau kelalaian atas hal ini akan mendapatkan sanksi berupa teguran atau pemutusan kerjasama.

  12. Berdasarkan hasil evaluasi periodik yang dilakukan manajemen, dalam hal terbukti adanya pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan oleh pengelola, manajemen berhak memberikan teguran, memberikan sanksi, atau memberhentikan kerjasama. Dalam hal pemberhentian kerjasama, manajemen akan memberitahukan kepada pengelola dalam jangka waktu maksimal 1 (satu) bulan sebelumnya.

  13. Pelaksanaan Kerjasama akan dituangkan dalam sebuah Perjanjian Kerjasama dalam jangka waktu 1 (satu) tahun. Perjanjian kerjasama ini nantinya dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Manajemen dan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama baru.

  14. Bilamana Perjanjian Kerjasama berakhir dan/atau tidak diperpanjang lagi, Tenant wajib mengosongkan tempat dalam waktu paling lambat 2 minggu sejak tanggal berakhirnya dan/atau tidak diperpanjangnya Perjanjian Kerjasama dan menyerahkan kepada Manajemen dalam keadaan terawat baik serta menunjukkan bukti-bukti pelunasan terakhir atas biaya pemakaian listrik, air (PDAM) dan biaya perawatan.

  15. Perbuatan-perbuatan melanggar hukum oleh Tenant yang berhubungan dengan pengelolaan kantin selama masa berlakunya Perjanjian Kerjasama ini dengan segala resikonya menjadi tanggungan Tenant.

  16. Mempertimbangkan adanya potensi konflik kepentingan (conflilct of interest), maka karyawan tetap Ubaya beserta keluarga langsung (suami/istri/anak/menantu) tidak diperkenankan mengajukan proposal pengelolaan kerjasama ini.

 

HAK MANAJEMEN:

  1. Manajemen berhak untuk mengawasi dan mengevaluasi terhadap hal-hal berkaitan dengan ketentuan dan persyaratan pengelolaan kantin, serta layanannya dan melakukan teguran secara lisan maupun tertulis kepada Tenant apabila terjadi penyimpangan atau ketidaksesuaian pengelolaan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

  2. Manajemen dapat mengakhiri atau membatalkan Perjanjian Kerjasama sebelum jatuh tempo secara sepihak apabila Tenant tidak dapat memenuhi kewajiban-kewajibannya dan/atau menyalahi ketentuan dan persyaratan yang telah disepakati.

 

FASILITAS YANG DISEDIAKAN & KEWAJIBAN MANAJEMEN:

  1. Manajemen menyediakan 4 stan untuk tenant besar -- yang akan dikelompokkan dalam beberapa kategori (misal: chinese food, european, javanese) -- yang dibagi 2 (share counter), sehingga ada 8 tenant besar (untuk makanan berat), 6 stan untuk tenant kecil (makanan kecil/ringan/snacks) dengan fasilitas penyekat plus 1 stan di sisi kanan/kiri (tenant harus membawa mebel sendiri) karena 1 stan sisi kanan/kiri dikelola sendiri oleh manajemen untuk stan minuman kerjasama dengan pihak eksternal. Jadi total 15 stan yang ditawarkan yang terdiri dari 8 stan besar dan 7 stan kecil.

  2. Manajemen menyediakan 6 orang petugas cleaning service yang terbagi dalam 2 shift dengan tugas untuk membersihkan semua area kantin, termasuk wastafel, toilet, kaca, mengelap meja, merapikan kursi dan mengembalikan piring, sendok, garpu ke masing-masing tenant dalam keadaan kotor, serta membuang sampah.

  3. Manajemen menyediakan tong sampah besar sesuai kebutuhan untuk membuang sisa makanan, rak besar untuk tempat piring, sendok, garpu kotor.

  4. Manajemen menjamin ketersediaan dan kelancaran pemakaian air.

  5. Manajemen menyediakan person in charge (staf) sebagai koordinator kantin sehingga komunikasi tenant dan manajemen terkait kerjasama pengelolaan kantin dapat dilakukan oleh tenant kepada koordinator tersebut.

  6. Manajemen menyediakan satu line telepon dan alat pengukur beban/volume listrik.

  7. Manajemen akan menyampaikan keluhan ataupun masukan-masukan dari konsumen (jika ada) kepada Tenant untuk direspon dan didiskusikan terkait pengelolaan kantin, misalnya: masalah harga, variasi makanan, dan lain-lain;

 

HAK TENANT:

  1. Tenant diberikan kesempatan oleh manajemen untuk mengelola salah satu stan kantin di Kampus II, Universitas Surabaya di Jalan Raya Kalirungkut, Surabaya, untuk masa kerjasama selama 1 (satu) tahun terhitung mulai 1 Maret 2014 sampai dengan 28 Februari 2015 yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama. Perjanjian kerjasama ini nantinya dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Manajemen dan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama baru.

  2. Menggunakan fasilitas seperti penerangan, parkir, tempat cuci, toilet, dan prasarana umumnya yang disediakan di kantin Universitas Surabaya

  3. Mendapatkan pasokan listrik dan air dari Manajemen

  4. Mendapatkan layanan jasa pemilahan peralatan makan/minum (nampan saji, piring, mangkuk, sendok, gelas, dan sejenisnya) sesuai dengan fasilitas nomor 2 oleh petugas yang disediakan oleh Manajemen.

  5. Mendapatkan layanan jasa pembuangan sampah oleh petugas yang disediakan oleh Manajemen.

  6. Menyampaikan kepada Manajemen jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan hak dan kewajiban masing-masing.

KEWAJIBAN TENANT:

  1. Bertanggung jawab atas pemeliharaan sarana dan prasarana yang digunakan

  2. Menyediakan makanan dan/atau minuman yang sehat, bersih dan terjangkau harganya bagi mahasiswa, karyawan dosen dan non dosen Universitas Surabaya dengan harga maksimal Rp. 12.500,- (dua belas ribu lima ratus rupiah)

  3. Membuka stan untuk berjualan selama jam operasional pada pk 07.00-19.00 WIB. Jam operasional dapat diperpanjang sampai dengan pukul 21.00 WIB sesuai kebutuhan. Hari libur kantin mengikuti hari libur kalender akademik Universitas.

  4. Membayar service charge yang terdiri dari biaya kebersihan, biaya maintenance, biaya pemakaian air dan biaya manajemen fee yang dibedakan untuk tenant besar/makanan berat sebesar Rp1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) per bulan dan untuk tenant kecil/makanan ringan/snacks sebesar Rp1.200.000 (satu juta dua ratus riibu rupiah) per bulan. Biaya service charge ini di luar pemakaian listrik.

  5. Biaya pemakaian listrik akan ditagihkan sesuai tarif resmi yang berlaku setiap bulan berdasarkan pemakaian riil sebagaimana tercatat pada alat pengukur beban/volume yang dipasang di lokasi kantin. Pembayaran dilakukan langsung ke Kasir Universitas Surabaya setelah menerima tagihan resmi dari Universitas (Direktorat Keuangan) bersama-sama dengan pembayaran service charge.

  6. Mentaati aturan yang berlaku didalam kampus Universitas Surabaya sebagai institusi pendidikan, termasuk area bebas rokok.

  7. Memelihara tempat atau bangunan dan segala perangkat kelengkapan yang ada dan selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan kantin.

  8. Bekerja sama dan berhubungan baik dengan tenant yang lain, menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan kantin.

  9. Mentaati ketentuan harga makanan dan minuman sesuai dengan tarif yang disepakati, kecuali menu-menu khusus/tambahan dengan seijin manajemen.

  10. Bertanggung jawab dan membina karyawan yang dipekerjakan dalam mengelola stan. Tenant maupun karyawan yang dipekerjakan mengenakan pakaian yang sopan, pantas dan bersih selama melayani. Bertindak ramah dan sopan. Bertutur kata yang baik dan tidak berbuat/memicu keonaran/perselisihan.

  11. Menyediakan sendiri alat-alat makan/minum yang dibutuhkan (piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas, nampan saji, dan sejenisnya) termasuk alat pembungkus/penanda alat-alat tersebut sehingga tidak tertukar dengan milik tenant yang lain.

  12. Mencuci/membersihkan sendiri peralatan saji atau makan yang kotor dengan menggunakan sabun cuci cair (bukan sabun cream) di tempat cuci bagi tenant besar (makanan berat) dan pantry untuk tenant kecil (snacks, dll).

  13. Bila menggunakan kompor gas, hanya diijinkan menggunakan tabung LPG ber-SNI ukuran 12 kg (dilarang menggunakan tabung ukuran lebih kecil atau lebih besar dari 12 kg).

  14. Menyerahkan uang jaminan kepada Manajemen sebesar 1 (satu) bulan service charge sebagai jaminan usaha.

  15. Masuk/keluar rombong/mebeler dari area kantin harus mendapat ijin tertulis dari manajemen.

  16. Bertanggung jawab sendiri atas resiko, penyimpanan dan pengamanan barang-barang miliknya.

  17. Mengembangkan iklim usaha yang kondusif, persaingan sehat dan menghindarkan dari segala bentuk intimidasi dan perselisihan dengan sesama pengelola stan yang lain.

  18. Mengganti setiap kerugian manajemen yang diakibatkan oleh kelalaiannya.

  19. Melaporkan segala hal yang berpotensi membahayakan atau menganggu kegiatan kantin kepada manajemen

  20. Menyajikan menu dengan porsi dan cara penyajian sesuai standar yang dijanjikan, sesuai kelayakan dan kepatutan.

  21. Menjamin komposisi bahan baku dan cara pengelolaan makanan/minuman tidak melanggar standar kesehatan, kebersihan dan keamanan untuk dikonsumsi manusia, termasuk didalamnya larangan penambahan bahan pewarna/pengawet, penguat rasa, bahan baku yang tidak bersih atau bahan lain yang berbahaya atau dilarang pemerintah RI.

  22. Menyajikan menu dengan memenuhi norma kesopanan, kerapian dan standar higienis/kebersihannya (termasuk didalamnya: menutup makanan, mengenakan sarung tangan khusus, menghindari kontak langsung dengan orang/hewan/udara/benda yang dapat mencemarkan makanan, serta tindakan sejenis lainnya .

  23. Menggunakan pembungkus makanan yang sehat dan ramah lingkungan, dengan bahan yang terbuat dari degradable material, dan dilarang menggunakan Styrofoam, tas kresek warna hitam atau sejenisnya.

  24. Tidak menyimpan bahan dan barang yang mudah terbakar, mudah meledak ataupun yang menimbulkan bau yang tidak menyenangkan di dalam stan.

  25. Menjamin berlangsungnya kesiapan usaha berjualan selama waktu operasional yang ditentukan manajemen, tidak terlambat membuka stan dan tidak menutup stan lebih awal. Apabila dalam keadaan terpaksa harus menutup stan pengelola harus meminta persetujuan tertulis kepada manajemen. Kealpaan atau kelalaian atas hal ini akan mendapatkan sanksi berupa teguran lisan/tertulis atau sanksi pemutusan kerjasama.

  26. Dalam hal mengajukan pengunduran diri di dalam jangka waktu kerjasama, tenant wajib mengajukan surat tertulis kepada manajemen minimal 1 (satu) bulan sebelumnya, dan memenuhi segala kewajiban adiministrasi dan teknis.

  27. Menyediakan tabung pemadam kebakaran yang memadai, tidak kadaluwarsa dan diletakkan ditempat yang mudah dijangkau. Tenant wajib membekali karyawannya untuk dapat mengoperasikan tabung pemadam kebakaran miliknya.

  28. Terhadap kemungkinan pemungutan pajak makanan dan minuman atau pajak-pajak lain yang berhubungan dengan pengelolaan kantin menjadi tanggungan Tenant.

 

PENYERAHAN PROPOSAL, EVALUASI, PRESENTASI DAN PENGUMUMAN CALON TENANT YANG TERPILIH:

  1. Calon tenant menyerahkan surat pengajuan/proposal yang memuat daftar/jenis makanan dan/atau minuman, cara penyajian (masakan siap saji atau masih harus diproses/dimasak di tempat), dan harga disertai company profile (jika ada) disertai surat kesanggupan memenuhi persyaratan dan kewajiban. Dikirimkan paling lambat hari Rabu, 19 Februari 2014 pukul 16.00 WIB ke:

                Sekretariat Rektorat

Universitas Surabaya

        Jalan Ngagel Selatan 169

        Surabaya

  1. Semua pengajuan/proposal akan dievaluasi pada hari Kamis - Jumat, 20 – 21 Februari 2014.

  2. Bagi calon tenant yang proposalnya lolos evaluasi akan diundang untuk presentasi pada hari Sabtu, 22 Februari 2014.

  3. Calon tenant yang terpilih untuk mengelola kantin akan diberitahukan/diumumkan pada hari Senin, 24 Februari 2014. Bagi semua pengirim pengajuan/proposal yang tidak lolos akan kami beritahukan secara tertulis.

  4. Bagi calon tenant yang terpilih harus sudah bisa membuka kantin terhitung mulai hari Senin, 3 Maret 2014. Jeda waktu antara tanggal 25 – 28 Februari 2014 dapat dimanfaatkan untuk persiapan pembukaan kantin, koordinasi dengan manajemen kantin. Bagi yang tidak bisa membuka kantin pada hari yang sudah ditentukan ini tanpa alasan/pemberitahuan tertulis sebelumnya, maka dianggap mengundurkan diri.

 

 

Surabaya, 12 Februari 2014

 

Manajemen Kantin

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/agenda_detail/383/PENGUMUMAN--KESEMPATAN-KERJASAMA-PENGELOLAAN-KANTIN-DI-KAMPUS-TENGGILIS-LANTAI-1.html