Lomba Esai Dies Natalis Ke-51 UBAYA Tahun 2019


  • 2019-02-06 12:07:27

Lomba Esai Dies Natalis ke-51 UBAYA Tahun 2019

 

A. Latar Belakang

Universitas Surabaya (Ubaya) lahir dari metamorfosa yang panjang dari embrio bernama Universitas Saweri Gading sampai menjadi Ubaya yang lahir pada tanggal 11 Maret 1968. Amanah untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, khususnya warga kota Surabaya mengalami banyak hambatan. Keterbatasan sumber daya Ubaya  menjadi kendala utama yang hampir memupuskan semangat untuk mencetak kaum intelektual bangsa. Sivitas akademika Ubaya sadar bahwa untuk keluar dari keterbatasan dibutuhkan semangat guyub dalam kesanggupan (ngubaya) untuk melakukan perbaikan tata kelola pendidikan tinggi di Ubaya.

Trilogi Ubaya merupakan upaya untuk melakukan perbaikan, pemantapan dan pengembangan tata kelola Ubaya. Kebangkitan Ubaya yang dirintis sejak tahun 1976 menghasilkan nilai-nilai keutamaan (core value) yang menjadi keunikan yang membedakan Ubaya dengan perguruan tinggi lain. Kebangkitan Ubaya membuahkan hasil, dengan semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap proses pendidikan tinggi di Ubaya. Cita-cita untuk terbang dengan sayap sendiri mulai tampak mengangkasa dengan semakin banyak jumlah mahasiswa untuk belajar berpikir ilmiah di Ubaya.

Perjalanan 50 tahun Ubaya yang lahir dari keterpurukan hingga sampai terbang keangkasa merupakan refleksi yang patut dicermati dalam menentukan arah tujuan Ubaya pada 50 tahun kedua. Tahun 2019 adalah tahun pertama untuk 50 tahun kedua Ubaya yang menjadi kewajiban setiap warga Ubaya (mahasiswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan) untuk bermimpi Ubaya 50 tahun ke depan. Dalam rangka memeriahkan acara Dies Natalis ke-51 Ubaya tahun 2019 diselenggarakan lomba esai dengan tema “UBAYA 50 Tahun ke Depan: Mimpi dan Harapan Menuju Ubaya yang Makin Berkualitas”. Tujuan lomba esai adalah member ruang kepada warga Ubaya untuk mengekspresikan ide atau gagasan dan harapan terhadap Ubaya untuk 50 tahun ke depan.

B. Tema

Lomba esai ini bertemakan: “UBAYA 50 Tahun ke Depan: Mimpi dan Harapan Menuju Ubaya yang Makin Berkualitas”.

C. Waktu Pelaksanaan

Promosi lomba                                    : 1 – 10 Februari 2019

Pendaftaran dan pengirimanesai         : 11 Februari – 3 Maret 2019

Penilaian                                              : 4 – 6 Maret 2019

Pengumumanpemenang                      : 11 Maret 2019                      

 

D. Ketentuan

  1. Peserta adalah mahasiswa, tenaga pendidik (dosen), dan tenaga kependidikan (non-dosen) Ubaya.
  2. Naskah esai merupakan hasil karya pribadi (perseorangan) dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta belum pernah dipublikasikan (cetak atau elektronik) ataupun diikutsertakan dalam perlombaan yang lain.
  3. Peserta hanya diperkenankan mengirimkan satu (1) naskah esai.
  4. Tulisan bebas dari unsur SARA dan plagiasi.
  5. Tulisan menjadi tanggung jawab penulis.
  6. Panitia lomba memiliki hak eksklusif terhadap naskah esai, untuk menyempurnakan dan memublikasikan sesuai dengan kebutuhan.
  7. Pengiriman naskah melalui email ppi@unit.ubaya.ac.id, dengan format nama file [nama]_[unit/fakultas]_[judul] maksimal 2 MB dalam bentuk file Doc (MS Word).

 

E. Ketentuan khusus

  1. Format penulisan :
  • Penulisan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)
  • Judul ditulis di tengah (center) dengan fontTimes New Roman, 14 pt, bold
  • Judul bab dan sub-bab ditulis di sisi kiri dengan huruf capital menggunakan fontTimes New Roman 12 pt. Judul Bab ditulis bolds edangkan sub-bab ditulis regular
  • Naskah esai terdiri atas 3-4 halaman, font Times New Roman 12 pt dan spasi 1,5.
  • Margin atas-kiri 3 cm, kanan-bawah 3 cm, dengan ukuran kertas A4

 

      2. Naskah esai terdiri atas:

  • Halaman cover atau sampul (memuat nama individu dan nama unit atau fakultas)
  • Abstrak dengan jumlah kata antara 150-200 kata dan kata kunci
  • Pendahuluan (memuat latar belakang masalah)
  • Pembahasan (memuat gagasan atau ide pemikiran, sampai bagaimana gagasan bisa diimplementasikan dan dampaknya, serta peluang penerapan ide)
  • Penutup (kesimpulan)
  • Pustaka Acuan

 

F. Mekanisme Seleksi dan Juri

Panitia hanya akan memproses dokumen peserta lomba esai yang lengkap sesuai dengan ketentuan di atas dan dikumpulkan sesuai tenggat waktu pengumpulan. Keseluruhan karya tulis yang memenuhi syarataka nmasuk dalam penjurian. Penjurian dilaksanakan dengan mengikuti standar pada bagian indicator penilaian. Pada tahapan ini, tim juri akan memilih 20 (duapuluh) karya tulis terbaik dan akan dibukukan. Dari 20 karya ilmiah terbaik tim juri akan memilih 3 pemenang. Pemenang akan diumumkan pada saat perayaan Dies Natalis Ubaya ke-51 pada 11 Maret 2019. Hasil keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

G. Indikator Penilaian Penjurian

  1. Orisinalitas Inovasi: Karya tulis merupakan naskah asli, bukan saduran/terjemahan, dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri. (Nilai 30%).
  2. Kejelasan Ide: Seberapa jelas peserta memaparkan ide dalam karya tulisnya. (Nilai 40%).
  3. Skala Pemanfaatan dan PeluangAplikasi: Seberapa besar ide yang disampaikan bermanfaat dan dapat diterapkan. (Nilai 30%).

 

H. Hadiah

  1. Juara pertama Rp. 1.500.000,-
  2. Juara kedua Rp. 1.250.000,-
  3. Juara ketiga Rp. 1.000.000,-

 

I. Sekretariat Lomba Esai

Direktorat Penerbitan & Publikasi Ilmiah UBAYA

Ruang IAS (sebelah Timur), Gedung Perpustakaan Lt. 1

CP: Haniatun Nadjichah, A.Md., ext. 1344

Update: 2019-02-06 12:07:27 | | Download versi pdf: Lomba-Esai-Dies-Natalis-Ke-51-UBAYA-Tahun-2019.pdf