PENGANTAR SIMPOSIUM

Pekan Ilmiah Mahasiswa ini adalah kali kedua dilakukan di Fakultas Psikologi Ubaya. Selama seminggu mulai 21-25 Mei 2008 mahasiswa akan berkegiatan ilmiah berupa diseminasi hasil karya yang telah dikerjakan baik dalam bentuk mini project maupun studi literatur di hadapan khalayak mahasiswa, dosen, tamu undangan pakar lainnya. Latar belakang diadakan PIM ini merupakan strategi pembelajaran yang mengarah ke  student centered learning  yang  menempatkan  mahasiswa sebagai "pencari aktif" pengetahuan. Pepatah lama menjelaskan lebih baik memberikan pancing dari pada memberi ikan, maka diharapkan dengan kegiatan PIM  ini mahasiswa benar-benar mampu belajar mandiri untuk mempersiapkan karya mereka  baik dalam bentuk poster presentation, paper presentation. Dalam PIM kali ini tiga simposium akan digelar dengan pelbagai tema dengan masing-masing  sub tema terbagi atas:

A.SIMPOSIUM TEMA KLINIS-UMUM : GENETIKA GANGGUAN PERILAKU.
Rabu, tanggal 23 Mei 2007 mulai jam 09.00- 13.00 WIB, Ruang HA1.1. Auditorium Fakultas Hukum

Perkembangan teknologi membawa dua mata pedang yaitu kemajuan atau ancaman besar. Kemajuan teknologi dalam rekayasa genetika telah memasuki kehidupan masyarakat modern mulai dari makanan transgenik hingga ke proyek pemetaan genom. Pertanyaan mendasar yang terbuka untuk didiskusikan adalah : apakah tinjauan genetika klinis itu ? bagaimana peran gen terhadap gangguan (disorder) jiwa ? seberapa jauh hubungan genotype-phenotype mempengaruhi perilaku  ?
 

B.SIMPOSIUM TEMA PENDIDIKAN-PERKEMBANGAN : PENDIDIKAN DAN TUMBUH KEMBANG ANAK .
Kamis, tanggal 24 Mei 2007 mulai jam 09.00. 13.00, RSG Fakultas Psikologi

Tumbuh kembang anak dan remaja sangat dipengaruhi oleh dukungan sosial baik lingkungan makro seperti sosial budaya, sistem pendidikan maupun meso sistem seperti  keluarga. Tahapan perkembangan sendiri sesungguhnya menjadi perdebatan. Bagaimana pencapaian fase dewasa menurut teori psikologi perkembangan dan pemaknaan kultur akan makna ”remaja- dewasa” yang sering kali dimunculkan dalam tradisi tertentu (perkawinan) dan internalisasi nilai (pendidikan seks misalnya). Dalam sistem pendidikan sendiri saat ini tengah berkembang pendidikan inklusi yang juga menjadi polemik. Alternatif pertanyaan yang dapat diajukan untuk diskusi adalah : bagaimana peran dukungan sosial, tafsiran budaya dan pergeseran nilai, sistem lingkungan pendidikan khususnya pendidikan inklusi terkait dengan tumbuh kembang anak?

Artikel Pengarang
DUKUNGAN SOSIAL DAN TUMBUH KEMBANG ANAK Wahyuningsih, S.
PEREMPUAN DALAM PERNIKAHAN ADAT JAWA TENGAH Kusumanegari, Maria P.; Susanto, Claudia J.; Sally; Andrew; Nita
POTONG GIGI
RITUAL METATAH
Rosari D.; Citra, P.; Hanifa, D.; Petsiwi, I.; Pratiwi, Eka Y.; Hanum, S.
PENGHAMBAT KEHAMILAN PADA ETNIS JAWA (MADURA) DAN CINA M, Nurul; H, Rizky; O, Thresia; S,Mona; D, Dina
MAKNA VIRGINITAS BAGI REMAJA PEREMPUAN
PELAKU SEKS PRANIKAH DI SURABAYA
Shella, M.
PERTUNJUKAN TEATER BONEKA SEBAGAI SOLUSI PENCEGAHAN CHILD SEXUAL ABUSE SECARA INTERAKTIF, EDUKATIF DAN MENYENANGKAN W., Indah R. T.; Sinaga, N.; Ramadhani, I.
MODIFIKASI KURIKULUM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS A. Susana ; H.P. Nia
         
C.SIMPOSIUM TEMA PSIKOLOGI INDUSTRI-SOSIAL.
Tanggal 25 Mei 2007 mulai jam 09.00. 13.00, RSG Fakultas Psikologi

Konsumerime dan kepatuhan menjadi salah satu problem masyarakat perkotaan. Pertanyaan terbuka untuk diskusi adalah bagaimana pola konsumerisme dan kepatuhan ini terbentuk ? Faktor apa saja yang mempengaruhi keduanya (fisik maupun non-fisik seperti budaya) ?   Apakah konsumerisme sesungguhnya adalah kepatuhan terhadap ideologi tertentu ?

Artikel Pengarang
KEPATUHAN HUKUM MASYARAKAT INDONESIA, MUNGKINKAH DICAPAI ? Probowati, Y.
HYPERCONSUMERISME : MENUJU PENDEKATAN SCHYZOANALISYS Yudiarso, A.
PENGARUH PERBEDAAN LUAS LAHAN,BERKAITAN DENGAN INTERAKSI INDIVIDU DI PANTI REHABILITASI NARKOTIKA ”X” Noviany, I.;Afanti, M.;Iwan, Y
PENGARUH KEPADATAN RUANG TERHADAP CARA KERJA KARYAWAN DAN KARYAWATI Nyndia, F.; Yudhintya, M.; Effendi, I. Adilestariza, C.; Mawardani, R .; Perdanasari, K.B
PENGARUH PENATAAN ALAS KAKI ALA JEPANG TERHADAP KEBIASAAN MENATA ALAS KAKI SISWA PUSAT STUDI BAHASA DAN BUDAYA JEPANG, JASMIN Adilestariza, C.; Mawardani, R .; Perdanasari, K.B
PELANGGARAN MAHASISWA TERHADAP RAMBU LARANGAN PARKIR M, Yuri S.; Bagaskoro, R.; Suwastika, A.; Halimi, A, Z.; Rio, C.
KEPATUHAN HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN HELM PADA SISWA SMA Brahmanti, A.; Grahani, F.O .; Puspitasari,A.; Shanti, V,C.
PELANGGARAN HUKUM LALU LINTAS OLEH ROMBONGAN KONVOI P, Widya, C.; W, L, Rr, Cindy, W.; Hidayat, W.