Fakultas Psikologi Universita Surabaya (Ubaya) menggelar acara Psychology of Music (POM) III pada Sabtu (05/06), pukul 17.30-20.30 WIB, di Ruang Serba Guna (RSG) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Jl. Raya Kalirungkut Surabaya.

POM ini merupakan acara konser musik klasik mini, yang menampilkan pemain para mahasiswa, alumni serta dosen Fakultas Psikologi Ubaya serta dan siswa-siswi SMA Petra II dan SMA Frateran Surabaya. Dan untuk event kali ini juga menampilkan KIM MIN JI bocah usia 8 tahun asal Korea yang piawai bermain musik.

Pada dasarnya tujuan penyelenggaraan POM, dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (04/06), ada beberapa hal. Diantaranya, mengajak mahasiswa untuk mendalami Psikologi Musik, menawarkan alternatif kegiatan kepada mahasiswa tidak melulu olah raga dan band, serta sebagai sarana promosi ke SMA. Bahkan kedepan Fakultas Psikologi Ubaya berencana mengadakan lomba musik klasik antar SMA se-Surabaya.

Penyelenggaraan POM kali ini merupakan yang ketiga, umumnya setiap kegiatan POM, baik pertama maupun kedua selalu didahului dengan seminar. Misalnya pada POM I digelar seminar yang membahas ‘kaitan musik & otak’ dan POM II diadakan seminar ‘sosiomusikologi’

Sedangkan pada POM ketiga ini lebih menitikberatkan pada konsep ‘peduli terhadap sesama’, sesuai dengan tema POM II : “Give Love a Chance”. Perwujudan dari semua itu maka nantinya dana yang dihasilkan dari konser ini akan disumbangkan kepada KRISNA (Kelompok Kreativitas Anak) yang bergerak di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, dibentuk dengan tujuan untuk membantu pengembangan kreativitas anak yang berasal dari keluarga kelas bawah di sekitar kampus UBAYA.

Melalui POM, diharapkan mahasiswa Psikologi Ubaya tidak hanya menonjol dari sisi kognitif, tapi juga dari sisi afeksi, dan itu bisa diasah dari kegiatan bermusik.

Sementara itu, konser musik kali ini, seperti halnya konser musik klasik pada umumnya, dimainkan oleh 25 orang yang memainkan beberapa jenis alat musik klasik dan bertempat di ruang akustik, namun dengan skala yang kecil. Meski begitu animo peminat acara ini cukup tinggi. Setiap kali konser selalu dihadiri sekitar 150 pengunjung setiap kegiatan. (tin)

 

dikutip dari suarasurabaya.net

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/agenda_detail/193/Fakultas-Psikologi-Ubaya-Menggelar-Psychology-Of-Music--POM--III--Sabtu---5-Juni-2010.html