Penandatanganan Kerjasama Pusham Ubaya dan Balitbang HAM Dephukham dan Diskusi Penelitian HAM bersama Pemerintah, LSM, dan Pusat Studi di Jawa Timur

Selama hampir 14 tahun sejak berdirinya, Pusham telah membangun jaringan kerjasama dengan pemerintah, LSM, dan pusat studi untuk melakukan beragam kegiatan sesuai dengan kapasitas lembaga masing-masing, untuk mendukung peningkatan pemajuan, pemenuhan, dan perlindungan hak asasi manusia. Saat ini, Pusham ingin memberikan perhatian kepada peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dan membantu kerja-kerja pemerintah dalam pemajuan, pemenuhan, dan perlindungan hak asasi manusia.

Untuk mewujudkan hal ini, pada hari Selasa tanggal 14 Juli 2009 bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Perpustakaan Universitas Surabaya akan diadakan penandatanganan Kerjasama antara Pusham Ubaya dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) HAM Departemen Hukum dan HAM (Dephukham).

Pada intinya, Pusham Ubaya dan Balitbang HAM akan bekerjasama mengadakan kegiatan seperti kajian/penelitian, bimbingan teknis, pelatihan, dan seminar tentang hak asasi manusia. Kerjasama ini akan berjalan selama dua tahun, dan diharapkan dapat dilanjutkan pada waktu mendatang, sesuai dengan manfaat yang dirasakan oleh kedua lembaga.
Penandatanganan MOU akan dilaksanakan oleh Prof. Dr. Hafid Abbas selaku Kepala Balitbang HAM dan Prof. Drs. Ec. Wibisono Hardjopranoto, M.S. selaku Rektor Universitas Surabaya.

Pada saat yang bersamaan, akan diadakan pula diskusi bersama kurang lebih 25 stakeholders Pusham, yaitu pemerintah, LSM, dan Pusat studi di Jawa Timur. Forum ini akan berdiskusi tentang penelitian HAM yang dilakukan di Indonesia, termasuk pengalaman penelitian HAM yang dilakukan oleh para stakeholders.
Dalam kesempatan ini, diharapkan dapat dihasilkan sebuah peta penelitian HAM di Jawa Timur, dan pembagian focused area dari masing-masing lembaga yang diundang. Diskusi ini juga diharapkan menjadi langkah awal bagi diperkuatnya peran para stakeholders di Jawa Timur dalam memperkuat basis penelitian HAM yang holistik, khususnya dalam konteks Jawa Timur. Beberapa lembaga yang diundang antara lain Balitbang Propinsi Jatim, PSW Unair, PPHG Unbraw Malang, WCC Jombang, dan D’Care Surabaya.
Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/agenda_detail/159/Penandatanganan-Kerjasama-Pusham-Ubaya-Dan-Balitbang-HAM-Dephukham-Dan-Diskusi-Penelitian-HAM.html