Economics games adalah sebuah ajang adu strategi yang mengkolaborasikan kemampuan intelektual, kecerdikan, dan keberanian yang menuntut adanya kerja sama dalam tim. Ajang ini dikemas dalam bentuk reli kampus yang diikuti oleh tim-tim peserta yang telah dibekali “aset=uang+harta” oleh panitia. Setiap peserta wajib datang ke posko-posko economis games untuk melakukan transaksi, membeli pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang ada. Kepada tim yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar akan diberi “reward” yang berupa “aset=uang+harta”, tim akan dianggap sebagai pemenang apabila sampai akhir pelaksanaan economics games mampu mengumpulkan “aset=uang+harta” paling banyak, dan kepadanya akan disebut sebagai “The King of Ubaya Economics Games”

Peserta
peserta economics games adalah tim yang terdiri dari 3 orang siswa SMA, boleh dari kelas 1, kelas 2, ataupun kelas 3 (dengan persetujuan panitia, setiap SMA boleh mengirimkan tim lebih dari satu).

Pendaftaran peserta
pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang diketahui oleh kepala sekolah, dan kepada setiap tim peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran {peserta economics games  terbatas untuk 30 tim pendaftar pertama}.
 
pelaksanaan
Sabtu, 21 April 2007 di Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya (FE Ubaya)
Jl. Raya Kalirungkut Surabaya

technical meeting (WAJIB HADIR)
Jum’at, 20 April 2007 pukul 15:00 – 17:00 wib di Ruang EA 2-3 Lantai 2 FE Ubaya (tim yang tidak mengirimkan wakil dalam technical meeting dianggap mengundurkan diri)

Agenda  economics games, Sabtu 21 April 2007
08:00-09:00    registrasi peserta (daftar ulang) + pembukaan
09:00-10:00    penjelasan pelaksanaan games oleh panitia
10:00-10:30    undian nama tim dan pembagian atribut {semua kelengkapan games, termasuk “asset=uang+harta” disediakan oleh panitia}
10:30-12:30    pelaksanaan economics games
12:30-13:30    istirahat, sholat, makan siang
13:30-14:30    pengumuman pemenang + pembagian hadiah dan sertifikat
14:30-15:00    penutupan

hadiah       
Juara I        Rp 2.000.000,00      Juara Harapan I    Rp 600.000,00
Juara II    Rp 1.200.000,00      Juara Harapan II    Rp 500.000,00
Juara III    Rp    750.000,00  Juara Harapan III    Rp 450.000,00

semua peserta akan diberi sertifikat keikutsertaan  economics games
contact person: bambang (08123596087) widiono (031-2981137)

Tata Cara Pelaksanaan ECONOMICS GAMES
Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya
Sabtu, 21 April 2007
1. Sebelum permainan dimulai, setiap tim diberi aset (uang+harta) sesuai hasil undian-nya masing-masing
2. berbekal aset masing-masing, setiap tim dapat datang ke posko-posko economics games yang telah disediakan untuk melakukan transaksi.
3. Terdapat 9 posko yang dapat didatangi, yaitu:
  • Posko UBAYA,
  • Posko FAKULTAS EKONOMI,
  • Posko JURUSAN ILMU EKONOMI,
  • Posko UMUM, Posko GAMES,
  • Posko AGRODANA,
  • Posko TOKO LABORATORIUM EKONOMI PERBANKAN,
  • Posko BANK LABORATORIUM BISNIS INTERNASIONAL,
  • Posko BANK LABORATORIUM EKONOMI INVESTASI
4. Setiap transaksi yang dilakukan oleh masing-masing tim peserta harus dicatat dalam “DAFTAR TRANSAKSI” dan ”REKAPITULASI TRANSAKSI” yang telah disediakan oleh panitia.
5. Posko UBAYA, FAKULTAS EKONOMI, JURUSAN ILMU EKONOMI, UMUM, GAMES, dan AGRODANA menyediakan banyak pertanyaan/perintah yang dapat dibeli dengan tunai untuk dijawab pertanyaan/perintahnya, dan selanjutnya bagi tim yang mampu menjawab pertanyaan atau mampu melakukan perintah dengan benar akan mendapat ”reward”.
  • Posko UBAYA, menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan keberadaan Universitas Surabaya
  • Posko FAKULTAS EKONOMI, menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan keberadaan Fakultas Ekonomi Ubaya
  • Posko JURUSAN ILMU EKONOMI, menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan ilmu ekonomi dan ilmu-ilmu sosial
  • Posko UMUM, menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum
  • Posko GAMES, menyediakan berbagai permainan dengan media komputer
  • Posko AGRODANA, menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan aktivitas dan keberadaan agrodana
6. Posko BANK LABORATORIUM EKONOMI INVESTASI dan Posko BANK LABORATORIUM BISNIS INTERNASIONAL hanya diperuntukkan khusus untuk menabung/pinjam uang, yang tingkat bunga-nya akan diumumkan setiap 30 menit, sehingga setiap tim peserta sedapat mungkin senantiasa memantau tingkat bunga ini (ada dua jenis tingkat bunga, tingkat bunga pinjaman dan tingkat bunga tabungan).
7. Posko TOKO LABORATORIUM EKONOMI PERBANKAN khusus untuk menjual dan membeli barang secara tunai, dengan harga jual dan harga beli yang telah ditetapkan. Agar terhindar dari kerugian, setiap tim harus memperhatikan perubahan daftar harga jual dan harga beli toko yang diumumkan setiap 30 menit.
8. DILARANG bertransaksi antar tim peserta
9. Waktu yang dibutuhkan dalam economics games selama 2 jam, sebuah tim dinyatakan sebagai juara apabila mampu mengumpulkan aset (uang + harta) paling besar, apabila ada tim yang mempunyai nilai aset sama, maka tim yang mengumpulkan lebih awal yang dinyatakan sebagai pemenang. Pengumpulan dilakukan dengan cara mengambil NO URUT PENGUMPULAN di markas komando. Bagi tim yang sudah mengambil NO URUT PENGUMPULAN tidak diperkenankan untuk melakukan transaksi lagi.
10. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan setiap tim peserta:
  • bagi tim yang mengumpulkan hasil transaki dalam bentuk uang, akan dinilai sebesar nominal uang tersebut
  • bagi tim yang mengumpulkan hasil transaksi dalam bentuk barang, akan dinilai sesuai ketentuan yang tercantum dalam tabel di markas komando, bukan tabel di posko-posko yang ada.
  • bagi tim yang sudah mengumpulkan hasil transaksi dan ternyata masih mempunyai hutang di bank, aset hasil transaksi akan dikurangi sebesar hutang yang dimiliki + bunga-nya
  • bagi tim yang sudah mengumpulkan hasil transaksi dan ternyata masih mempunyai tabungan, nilai tabungan akan ditambahkan beserta perolehan bunganya.
  • apabila sudah membeli pertanyaan/perintah/permainan di Posko-Posko UBAYA, FAKULTAS EKONOMI, JURUSAN ILMU EKONOMI, UMUM, GAMES dan AGRODANA, dan ternyata waktu sudah habis sedang pertanyaan/perintah/permainan belum selesai, maka uang yang sudah dibayarkan tidak dapat diminta kembali
11. Sebuah tim adalah satu kesatuan, tidak diperkenankan melakukan transaksi sendiri-sendiri di posko yang berbeda-beda.
12. Sebelum menyelesaikan transaksinya di sebuah posko, sebuah tim dilarang untuk pindah ke posko lain. 
13. Setiap anggota tim diperkenankan menggunakan alat bantu komunikasi
14. Di Posko Ubaya, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi, Umum, dan Agrodana, setiap tim hanya diperkenankan melakukan transaksi maksimal 2 kali
15. Keseluruhan posko ada di Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya di lantai 1 dan lantai 2
16. Hal-hal yang belum diatur, akan diumumkan di papan pengumuman markas komando dan/atau radio kampus selama games berlangsung.

Ketentuan-Ketentuan Pokok ECONOMICS GAMES
Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya
Sabtu, 21 April 2007

  1. Economics Games Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya adalah permainan tim, setiap tim terdiri dari 3 orang
  2. Peserta Economics Games Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya adalah siswa kelas 1, 2, atau 3 SMA dari semua jurusan.
  3. Dalam sebuah tim yang terdiri dari 3 orang peserta, ketiganya harus dari SMA yang sama namun boleh beda kelas dan beda jurusan.
  4. Untuk dapat mengikuti Economics Games Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya, setiap siswa harus mengisi formulir yang telah disediakan dan dikirim ke panitia Economics Games Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya
  5. Economics Games Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya hanya terbatas untuk 30 tim pendaftar pertama
  6. Kepastian bahwa sebuah tim pendaftar diterima sebagai peserta akan dikonfirmasi via telepon.
  7. Setiap siswa atau setiap tim peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran
  8. Setiap siswa yang telah terdaftar sebagai peserta wajib menyerahkan copy KARTU PELAJAR, selambat-lambatnya pada saat technical meeting.
  9. Setiap tim WAJIB mengirimkan wakilnya pada saat technical meeting, Jum’at, 20 April 2007 di Ruang EA 2-3 Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya Jl. Raya Kalirungkut Surabaya Pukul 15:00 wib.
  10. Sebuah tim yang tidak mengirimkan wakilnya saat technical meeting dianggap MENGUNDURKAN DIRI.
  11. Setiap tim peserta harus tetap mengenakan seragam SMA, baik pada saat technical meeting maupun saat mengikuti pelaksanaan economics games.